Kamis, 11 September 2008

Pakaian Seronok

SKENARIO

Pakaian Seronok

Syekh Tajudin Al Hindi, di Mesjid New South Wales, menyatakan pakaian wanita yang seronoh dan tidak menutup aurat akan mengundang gairah seksual, diprotes Perdana Menteri John Howard, sebagai penyebar teror dan sudah keluar dari nilai-nilai budaya Australia. Komentar Perdana Menteri ini dianggap sebagai rasa takut berlebihan dari pemerintah Australia terhadap berkembang pesatnya kaum muslimin di daerah tersebut.

Pertanyaan :

1. Mengapa dan bagaimana Allah mengatur pakaian muslim dan muslimah ?

2. Apa hikmah menutup aurat dalam dunia kesehatan ?

3. Bagaimana pergaulan di dalam Islam ?

DEFINISI

Aurat : batas minimal dari bagian tubuh yang wajib ditutup karena perintah Syariat Islam

Perdana Menteri : kepala pemerintahan pada suatu negara

Teror : ancaman/menakut-nakuti

Budaya : kebiasaan/tradisi yang terjadi pada suatu masyarakat

PEMBAHASAN

Setiap masyarakat memiliki karakteristiknya masing-masing, antara lain ada masyarakat yang beradab (memiliki sopan santun) dan ada pula masyarakat yang tidak beradab (tidak memiliki sopan santun). Adab (sopan santun) bukanlah sesuatu yang tiba-tiba ada, ia bersumber dari aqidah yang benar (hanya memperTuhankan Allah SWT). Dengan demikian bila suatu masyarakat tidak memperTuhankan Allah SWT, maka sudah barang tentu mereka tidak akan beradab. Hal ini disebabkan adab adalah bagian dari nilai-nilai Islam (agama yang mengajarkan manusia untuk hanya memperTuhankan Allah). Adab merupakan salah satu unsur dari paket AIM-A2 (Aqidah, Ibadah, Muamallah, Adab, dan Akhlak).
Bagi masyarakat beradab, pakaian merupakan sesuatu yang penting. Oleh karena pakaian merupakan salah satu nilai dalam adab yang berbasis pada aqidah, maka tata cara berpakaian diatur oleh Allah SWT, sebagai berikut:

Pertama, pakaian digunakan untuk menutup aurat manusia, atau bagian dari tubuh manusia yang tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain, kecuali suami atau istri yang bersangkutan

“Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahann mereka ingat”.

(QS.Al-A’raf,7:26).

Kedua, pakaian yang indah diperkenankan untuk sekedar sebagai perhiasan (lihat QS.7:26).

Ketiga, pakaian juga dapat digunakan sebagai pelindung dari panas, dan sebagai pelindung dalam peperangan

“Dan Allah menjadikan tempat bernaung bagimu dari apa yang telah Dia ciptakan, Dia menjadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia menjadikan pakaian bagimu yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu agar kamu berserah diri (kepada-Nya)”.

(QS. An-Nahl,16:81).

Keempat, dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik pada saat memasuki masjid

“Wahai anak cucu Adam! Pakaialah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”

QS.7:31).

Berdasarkan firman Allah SWT dalam QS.7:26 diketahui, bahwa secara filosofi seseorang disebut berpakaian bila pakaiannya menutup aurat. Sebaliknya, seindah apapun pakaian yang dikenakan seseorang, bila pakaian tersebut tidak menutup aurat orang tersebut, maka sesungguhnya orang tersebut belumlah berpakaian.

Hukum Menutup Aurat bagi Kaum Muslimin dan Muslimat

1. Hukum Menutup Aurat Bagi Kaum Muslimin dan Muslimat adalah wajib.

2. Aurat adalah batas minimal dari bagian tubuh yang wajib ditutup karena perintah Syariat Islam, yaitu:

a. Bagi Wanita :

1) Berhadapan dengan Allah SWT didalam shalat adalah seluruh tubuh kecuali muka dan ujung tangan hingga ke pergelangan.

2) Berhadapan dengan pria yang bukan mahram ialah seluruh tubuh kecuali muka, ujung tangan hingga ke pergelangan dan ujung kaki hingga ke mata kaki.

3) Berhadapan dengan sesama wanita dan atau pria yang haram dikawini ialah seluruh bagian badan mulai dari pusat hingga lutut, ditambah dengan bagian lain yang dianggap tidak untuk dilihat/diperlihatkan

b. Bagi Pria Berhadapan dengan Allah, dengan wanita mahram atau dengan lainnya kecuali isteri, ialah seluruh bagian badan dari pusat sampai lutut.

Kriteria Busana Islama dapat dirumuskan sebagai berikut:

1) Dapat menutup seluruh aurat yang wajib ditutup (sesuai dengan ketentuan yang tersebut di atas)

2) Terdiri dari materi halal yang tidak terlalu tipis/jarang, agar warna kulit pemakainya tidak terlihat dari luar , karena Rasullullah SAW. Bersabda : Di akhir masa nanti akan ada diantara umatku wanita-wanita yang berpakaian , tapi bertelanjang. Laknatlah mereka itu, karena memang mereka adalah manusia- manusia yang kena kutuk

3) Sedikit longgar / jangan terlalu sempit ( ketat) agar tidak menampakkan bentuk tubuh. Karena Nabi SAW pernah memberikan baju dari kain linen yang sangat lunak kepada Usamah bin Zaid. Setelah Nabi mengetahui bahwa Usamah telah memberikan baju tersebut kepada isterinya, Nabi bersabda : Usamah! Suruhlah isterimu memakai baju dalam yang tebal dibawah baju linen itu. Aku khawatir kalau-kalau baju linen tersebut dapat menampakkan warna kulit dan bentuk tubuhnya

4) Berbeda dengan pakaian khas pemeluk agama lain. Karena disamping banyak sekali ayat-ayat Al-Qur'an yang melarang kaum muslimin dan muslimat berkelakuan dan memakai pakaian yang pemeluk agama lain, juga secara tegas Nabi SAW bersabda : jangan sekali-kali kamu memakai pakaian pendeta (yahudi, Nasrani dan lain-lain) atau yang mirip dengannya. Siapa yang memakainya, berarti ia sudah bukan umatku lagi.

5) Tidak sama dengan pakaian pria. Karena Rasulullah SAW selalu melaknati pria yang memakai pakaian wanita dan wanita memakai pakaian pria, juga beliau sangat mengutuk pria yang meniru-niru wanita dan wanita meniru- niru pria.

6) Tidak merupakan pakaian untuk dibanggakan. Karena Rasulullah SAW bersabda : Siapa yang memakai pakaian untuk dibanggakan di dunia ini, maka Allah akan memberikan pakaian kehinaan kepadanya di akhirat kelak, kemudian ia dan pakaiannya akan dilalap oleh api neraka.

7) Tidak merupakan perhiasan yang mempesona. Karena Allah berfirman ... Dan jangalah mereka menampakan perhiasannya, yang sekaligus berpengertian bahwa pakaian itu sendiri tidak boleh merupakan perhiasan yang mempesona. Hal ini ditegaskan lagi oleh firman Allah ....dan janganlah kamu ( muslimat ) menampakan perhiasan yang dapat mempesona yang dapat menggiurkan, sebagaimana yang biasa dilakukan oleh wanita-wanita jahiliah pertama dulu. Wanita jahiliyah selalu memakai pakaian yang menampakkan dada, leher dan tangan sampai ke bahu, menampakkan keranuman payudara dada dan tubuh serta rambut, guna menggoda kaum pria, kalau mereka berselendang, maka - selendangnya disangkutkan saja diatas kepala, sedangkan ujungnya mereka biarkan berjuntai ke belakang.Sudah saatnya sebagian anggota masyarakat yang telah beradab (menerapkan nilai-nilai Islam), mengedukasi sebagian anggota masyarakat lainnya yang belum beradab, agar mereka dapat menjadi bagian dari masyarakat beradab. Demikian pula halnya dalam konteks pakaian, sudah saatnya sebagian anggota masyarakat yang beradab mengedukasi anggota masyarakat lainnya yang belum beradab dalam hal berpakaian.

Sesungguhnya fitrah manusia adalah berpakaian indah yang menutup aurat, yang dengan pakaiannya itu manusia tersebut terjaga martabat kemanusiaannya. Dengan pakaian itu pula seseorang dapat dikenali sebagai manusia yang beradab, yang siap memberi kontribusi terbaik bagi seluruh masyarakatnya.

Allah mewajibkan wanita untuk berjilbab, ternyata secara ilmiah hal itu dikarenakan kulit wanita lebih tipis daripada pria dan pigmen melanin wanita lebih sedikit untuk ras yang sama.

Wanita cenderung lebih besar risikonya dibanding pria untuk terkena skin cancer (kanker kulit) jika terlalu sering terpajan oleh sinar matahari yang banyak mengandung sinar UV (pada pukul 09.00-16.00). Dengan menutup aurat menggunakan jilbab dan khimar/kerudung maka kulit dan rambut kita akan terjaga dan kemungkinan terkena kanker itu menjadi lebih kecil..Tau gak ternyata baju yang kita pakai itu mengandung SPF hampir sama dengan sunblock/sunscren.

Begitu juga dengan rambut. Rambut yang tertutup oleh khimar/kerudung akan lebih sehat dan lebih halus dibanding dengan rambut yang selalu terkena sinar matahari karena memang sinar matahari dapat membuat rambut kita menjadi rusak. Rambut yang terlindungi gak akan mudah patah, memerah dan bercabang. Namun perlu dijaga pula.

Di dalam Islam juga dituntut bergaul dengan baik. Sebenarnya dalam Islam tidak ada istilah "pergaulan bebas", sebab secara fitrah manusia memiliki keharusan untuk bergaul dalam interaksi sosial yang merupakan sunah sosial dan kehidupan itu sendiri. Namun setelah masuknya budaya asing (ke dalam pergaulan masyarakat muslim) yang dibentuk oleh kecenderungan material semata-mata dan falsafah hidup yang lahir dari bumi dan hawa nafsu, maka Islam menamakannya sebagai pergaulan bebas, bebas dari tuntunan wahyu, moral dan fitrah.

Jika kita berbicara masalah pergaulan pada era globalisasi saat ini memang sangat rumit. Dalam erti yang lain, kita hidup dengan manusia yang mempunyai prinsip dan pandangan hidup yang berbeda, bahkan masyarakat di kota-kota besar dapat dikatakan memiliki kecenderungan hidup bebas. Terkadang dengan kondisi seperti itu, kita menghadapi sebuah dilema bagaimana menempatkan diri dalam dunia pergaulan agar kita sebagai muslim dapat diterima oleh lingkungan, tetapi keyakinan atau syariat Islam pun tetap terjaga.

Sebetulnya, kaedah yang paling tepat dalam pergaulan, khususnya dengan lawan jenis (berbeda jenis) adalah pandai-pandai menempatkan diri dan menjaga hati (bergantung kepada penilaian iman dalam situasi berkenaan). Usahakanlah untuk mengerti situasi bila kita harus serius dan bila harus santai, "think before you act" sangatlah penting.

Meskipun demikian, menjaga etika pergaulan seperti menundukkan pandangan adalah sangat dianjurkan (wajib hukumnya, dalam arti kata, tidak melihat dengan syahwat). Namun inti dari ajaran ini adalah bagaimana kita menjaga kebersihan dan kesucian hati. Istilahnya, untuk apa kita menundukkan pandangan atau menghindar dari pertemuan dengan lawan jenis jika hati tidak kita tundukkan. Allah Swt berfirman:

يَعْلَمُ خَائِنَةَ الْأَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُورُ (غافر :19)

“Dia (Allah) Mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati”. QS. 40:19

Semua tergantung pada niat kita. Contohnya, dalam suasana kerja atau organisasi di mana kita dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, baik laki-laki atau wanita, kita tentu saja diperbolehkan mengadakan kontak dengan lawan jenis (berbeda jenis, lelaki dengan perempuan). Pada prinsipnya, jika maksud kita untuk kebaikan dan batasan-batasan syariat tetap dijaga, semuanya dibolehkan dalam Islam. Islam tidaklah pernah bertujuan untuk mempersulitkan sesuatu, tapi justru mempermudahkan hidup kita. Segala yang disyariatkan sudah barang tentu demi kebaikan umat manusia.

KESIMPULAN

Sebagai umat Islam kita diwajibkan untuk menutup aurat sesuai dengan syariat Islam, yang dengan pakaiannya itu manusia tersebut terjaga martabat kemanusiaannya. Dengan pakaian itu pula seseorang dapat dikenali sebagai manusia yang beradab, yang siap memberi kontribusi terbaik bagi seluruh masyarakatnya. Adapun aurat laki-laki adalah dari pusat hingga lutut, sedangkan aurat wanita adalah semua anggota tubuh kecuali telapak tangan. Dan juga di dalam kehidupan kita harus mengetahui tata cara bergaul/berteman yang baik, agar kita bisa di terima oleh siapa saja, dimana dan kapan saja.

REFERENSI

http://members.tripod.com/~SinarOnline/Edisi8/Fokus3.htm

http://sosiologidakwah.blogspot.com/2008/01/pakaian-masyarakat-beradab.html

http://www.ajangkita.com/forum/viewtopic.php?t=18667

3 komentar:

Anonim mengatakan...

http://forum.webhostlist.de/forum/members/newviagra.html
[b]VIAGRA rezeptfrei VIAGRA REZEPTFREI[/b]
lhttp://www.ile-maurice.com/forum/members/newviagra.html
[b]VIAGRA alternatives BILLIG VIAGRA REZEPTFREI BESTELLEN[/b]
VIAGRA BESTELLEN eur 0.85 Pro Pille >> Klicken Sie Hier << BESTELLEN BILLIG VIAGRA CIALIS VIAGRA online bestellen PREISVERGLEICH VIAGRA
http://www.flooringchat.com/member.php?u=19861
[b]VIAGRA versand VIAGRA BILLIG[/b]
[url=http://www.getsomeskillz.co.uk/forum/member.php?u=13]VIAGRA BESTELLEN PREISVERGLECH[/url] - VIAGRA Apotheke
[b]VIAGRA online kaufen PREISVERGLECH BESTELLEN VIAGRA[/b]
[b]VIAGRA potenzhilfe BILLIG VIAGRA BESTELLEN[/b]
[url=http://cafesuoimo.com/member.php?u=8]VIAGRA BESTELLEN[/url] - VIAGRA online bestellen
[b]VIAGRA erection REZEPTFREI VIAGRA[/b]
[b]VIAGRA Holland VIAGRA PREISVERGLECH BILLIG[/b]

Anonim mengatakan...

[b]VIAGRA erection VIAGRA BESTELLEN[/b]
http://www.getsomeskillz.co.uk/forum/member.php?u=13
[b]VIAGRA Schweiz BILLIG VIAGRA REZEPTFREI BESTELLEN[/b]
VIAGRA BESTELLEN eur 0.85 Pro Pille >> Klicken Sie Hier << BESTELLEN BILLIG VIAGRA CIALIS VIAGRA Apotheke KAUFEN REZEPTFREI VIAGRA
http://cafesuoimo.com/member.php?u=8
[b]VIAGRA Germany BESTELLEN BILLIG VIAGRA[/b]
[url=http://www.barroco.comyr.com/member.php?u=3]VIAGRA® kaufen[/url] - VIAGRA online kaufen
[b]VIAGRA information VIAGRA PREISVERGLECH REZEPTFREI[/b]
[b]VIAGRA Oesterreich VIAGRA REZEPTFREI BILLIG[/b]
[url=http://www.noise-unltd.com/member.php?u=2 ]VIAGRA BESTELLEN[/url] - VIAGRA Nederland
[b]VIAGRA Nederland VIAGRA REZEPTFREI BESTELLEN[/b]
[b]VIAGRA Schweiz BESTELLEN BILLIG VIAGRA[/b]

Anonim mengatakan...

http://www.djmal.net/thaspot/members/viagrakaufend
[b]VIAGRA bestellen VIAGRA BILLIG PREISVERGLECH[/b]
http://www.serataanime.it/forum2/member.php?u=336
[b]VIAGRA Apotheke PREISVERGLECH BESTELLEN VIAGRA[/b]
VIAGRA BESTELLEN eur 0.85 Pro Pille >> Klicken Sie Hier << BESTELLEN BILLIG VIAGRA CIALIS VIAGRA prices BILLIG VIAGRA BESTELLEN
http://www.barroco.comyr.com/member.php?u=3
[b]VIAGRA Nederland VIAGRA PREISVERGLECH BESTELLEN[/b]
[url=http://www.einvestorhelp.com/member.php?u=37776]VIAGRA online kaufen[/url] - VIAGRA rezeptfrei
[b]VIAGRA Rezeptfrei VIAGRA PREISVERGLECH BILLIG[/b]
[b]VIAGRA Holland VIAGRA PREISVERGLECH BESTELLEN[/b]
[url=http://www.zonatuning.com/members/viagrakaufend]PREISVERGLECH VIAGRA BESTELLEN[/url] - PFIZER VIAGRA
[b]VIAGRA bestellen BESTELLEN PREISVERGLECH VIAGRA[/b]
[b]VIAGRA Nederland BILLIG VIAGRA PREISVERGLECH BESTELLEN[/b]
[b]VIAGRA® kaufen
VIAGRA Deutschland
VIAGRA online kaufen
VIAGRA on line
VIAGRA alternativ
VIAGRA rezeptfrei
VIAGRA Kaufen
VIAGRA Apotheke[/b]